Label

Senin, 06 Agustus 2012

OSPEK FBS 2O12: MULTIKULTURAL DALAM KEARIFAN LOKAL


Kampus tetap hidup meski liburan semester genap telah dimulai sejak lebih dari sebulan yang lalu. Tidak seluruhnya mahasiswa FBS pulang dan menikmati Bulan Ramadhan di rumah, karena masih ada sejumlah mahasiswa yang merelakan waktu liburnya demi mempersiapkan Ospek FBS. Ospek yang dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru FBS UNY. Seperti Ospek di tahun sebelumnya Ospek kali inipun kembali dilaksanakan pada bulan puasa.
            Ospek akan berlangsung dari tanggal  6 sampai dengan 10 Agustus 2012. Terdiri dari Ospek Universitas, Fakultas dan Jurusan. Hingga 5 hari sebelum Ospek dimulai, tercatat 1070 mahasiswa baru yang yang telah mendaftar dan 5 yang belum mendaftar Ospek dari keseluruhan mahasiswa baru FBS UNY 2012.
            Berdasarkan wawancara dengan Fajar Setiawan, ketua Ospek FBS 2012  yang ditemui disela persiapan rapat Ospek, terungkap maksud di balik tema Ospek FBS. Tema Ospek FBS tahun ini adalah “Manifestasi Multikultural dalam Membangun Karakter Mahasiswa FBS Melalui Kearifan Lokal dalam Berkarya.
            Tema kali ini adalah penggabungan dari dua tema yang di usulkan sebelum persiapan Ospek 2012 yaitu multikultural dan kearifan lokal. Pemilihan tema pada tema Ospek kali ini adalah untuk mempertahankan FBS sebagai kampus yang multikultural.
            Tema tersebut merupakan keputusan bersama dari teman-teman panitia Ospek tahun ini bahwa FBS yang dianggap sebagai kampus yang berbudaya. Karena budaya cakupannya sangat luas kami mengambil salah satunya yaitu kearifan lokal. Sebenarnya ada dua topik yaitu multikultural dan kearifan lokal yang muncul dari teman-teman. Kemudian kami memutuskan untuk tetap memasukan dua unsur tersebut dalam tema. Kami tetap ingin mempertahankan FBS sebagai kampus yang multikultural dan tidak pilih-pilih,” ungkap Fajar ketua Ospek FBS 2012.
            Kearifan lokal bertujuan untuk memunculkan dan mengenalkan budaya-budaya Indonesia kepada mahasiswa baru FBS. Kearifan lokal tersebut akan diterapkan pada rangkaian kegiatan, logo, dan nama-nama gugus.

Tidak ada komentar: