Label

Minggu, 20 Januari 2013

Sidang Umum BEM, DPM dan KPU FBS UNY


Sidang umum BEM, DPM, dan KPU Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta merupakan agenda tahunan yang diadakan khusus untuk pembacaan serta penilaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) selama satu periode kepengurusan, serta serah terima jabatan ketua BEM dan DPM. Sidang Umum yang kemudian disingkat SU ini diselenggarakan oleh komisi pemilihan umum (KPU) yang dilaksanakan pada 16 januari kemarin, di gedung kuliah I lantai 2 ruang seminar FBS, UNY.


“Pemilihan tanggal sidang ini sudah dipikirkan secara matang dan berdasarkan musyawarah panitia” ungkap Nur, selaku koordinator acara sidang umum ini. Menurutnya, kenapa dipilih tanggal 16 januari karena pertimbangan peserta yang akan hadir, mengingat pada kalender akademik UNY, tanggal 16 Januari sudah memasuki hari libur pertama, sehingga ditakutkan jika diundur lagi akan semakin banyak peserta yang tidak bisa hadir dikarenakan mudik. “Berdasarkan kalender pendidikan UNY, tanggal 16 januari 2013 sudah memasuki libur akhir semester” jelas Nur.

Karena bertepatan dengan libur semester hari pertama, SU ini tidak banyak dihadiri oleh mahasiswa, karena sebagian mahasiswa sudah mudik. SU yang seharusnya dimulai pada pukul 08.30 terpaksa diundur karena peserta sidang masih sedikit

“Karena peserta sidang masih sedikit,  maka sidang belum bisa dimulai” ungkap ketua sidang sementara saat itu, Faisal Fahmi, PBI 2012. Setelah dirasa cukup dan atas pertimbangan beberapa hal, maka sidang dibuka pada pukul 09.30, ngaret satu setengah jam dari juknis panitia yang sudah ada.

Sidang Umum ini dibuka oleh Dr.Kun Setyaning Astuti, M.Pd selaku wakil dekan III FBS UNY. Kemudian sidang dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib sidang oleh ketua sidang sementara, Faisal Fahmi. Setelah forum menyetujui tata tertib, kemudian ketua sidang sementara menawarkan kepada forum untuk mengajukan diri atau diajukan untuk menjadi ketua sidang tetap. Namun, karena tidak ada yang bersedia mengajukan atau diajukan, maka ketua presidium tetap Faisal Fahmi, yang kemudian dia menunjuk Muharromatus Saadah sebagai sekretaris sidang dan Evita sebagai wakil ketua presidium.

Setelah perangkat sidang ditetapkan, baru kemudian masuk pada acara inti, yaitu pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). Dimulai LPJ KPU FBS 2012, yang dipimpin langsung oleh ketua KPU, Hapsari. Kemudian dilanjutkan dengan LPJ DPM FBS 2012. Pembacaan LPJ DPM FBS 2012 ini tidak disertai dengan bentuk konkrit berupa hardfile, karena masih dalam proses penyusunan. Ketua DPM FBS 2012 Maryoto, hanya melaporkan pertanggungjawabannya melalui powerpoint, secara gamblang dia menjelaskan bagaimana kinerja DPM selama satu periode dibawah pimpinannya. Setelah pembacaan LPJ DPM FBS 2012, dilanjutkan dengan musyawarah forum untuk menerima, atau menolak LPJ DPM FBS 2012. Hasil dari keputusan forum adalah menerima LPJ dan melengserkan ketua serta anggota DPM FBS 2012 dengan terhormat, namun dengan catatan, hardfile LPJ harus sudah jadi dan dipublikasikan ke ormawa dua minggu setelah sidang ini.

Setelah acara pembacaan LPJ DPM FBS 2012, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan LPJ BEM FBS 2012, yang dipimpin langsung oleh ketua BEM, Arda Sedyoko. Di tengah pembacaan LPJ, ketua presidium terpaksa menghentikan pembacaan dikarenakan perjanjian peminjaman tempat sampai pukul 15.30 saja. “Perjanjian peminjaman tempat dengan penjaga hanya sampai pukul 15.30, sesuai jam kerja” ungkap Faisal, selaku koordinator sie perkap. Setelah istirahat solat dan makan, sidang dilanjutkan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FBS lantai 2 ruang aula. Sidang dimulai kembali pada pukul 16.45, dimulai lagi dengan pembacaan agenda selama satu periode oleh ketua BEM, yang kemudian dibantu oleh ketua divisi-divisi BEM untuk memperjelas agenda-agenda tersebut, juga pesan-pesan terhadap ketua BEM 2013 terpilih Tommy Safarsyah oleh ketua divisi-divisi BEM 2012.

Setelah  selesai pembacaan LPJ, dilanjutkan dengan menonton video perjalanan BEM FBS 2012. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian terhadap LPJ BEM FBS 2012. Dengan musyawarah yang dipimpin oleh ketua DPM FBS 2012, maka diputuskan BEM FBS 2012 mendapatkan nilai 81 dengan predikat huruf B. Penilaian tersebut atas pertimbangan yang matang dan beberapa aspek penilaian yang harus dipenuhi.

Kemudian acara sidang dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) ketua DPM 2013, dan Ketua BEM 2013. Sertijab diawali dari ketua DPM 2012, Maryoto kepada ketua DPM 2013 terpilih, Hafian Fuad dengan penandatanganan surat sertijab yang disaksikan oleh forum. Kemudian dilanjutkan dengan sertijab ketua BEM 2012, Arda Sedyoko kepada ketua BEM 2013 terpilih, Tommy Safarsyah. Dengan penandatanganan surat sertijab dan penyerahan LPJ BEM 2012 kepada ketua BEM 2013.

Rangkaian acara Sidang Umum BEM, DPM dan KPU 2013 ditutup dengan pesan-pesan ketua BEM FBS 2012, terhadap ketua BEM FBS 2013, lalu dilanjutkan dengan pembacaan hamdalah. (Nur)

Tidak ada komentar: