Label

Selasa, 05 Maret 2013

INESH PUTRI, SANG PENAKLUK TANTANGAN

Inesh Putri Tjiptadi Candra

KEGIATANNYA sebagai pegolf profesional, mungkin jarang sekali terekspose oleh media. Namun, kemudian namanya menjadi begitu terkenal, setelah dia memenangi sebuah kontes kecantikan yang digelar oleh salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Gadis Bali ini bahkan berani mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman. Ya dialah Inesh Putri Tjiptadi Candra, Miss Indonesia 2012. Setelah meletakkan jabatannya sebagai Miss Indonesia, kami berkesempatan untuk mewawancarainya. Inilah hasil wawancara Okta Adetya bersama Inesh Putri Tjiptadi Candra pada Minggu 03 Maret 2013 melalui wawancara online:
                        
Kreativa:
Halo, Inesh, apa kabar?

Inesh:
Baik sekali. Terima kasih. J

Kreativa:
Apa kesibukan Inesh pasca purna tugas dari Miss Indonesia 2012?

Inesh:
Sekarang lebih fokus kembali ke golf dan olahraga. Tapi masih ada beberapa event juga sebagai Miss Indonesia. J

Kreativa:
Kalau boleh tahu apa yang mendorong Inesh untuk mengikuti Miss Indonesia, padahal basic nya adalah pemain golf?

Inesh:
Haha. Motivasi saya adalah untuk mencari pengalaman baru. More like to challlenge myself further. Saya ingin bisa menjadi orang yang mempunyai banyak bakat. Saya ingin selain bisa olahraga saya juga ingin bisa modeling, make up, public speaking. I like to learn new things. J

Kreativa:
Bagaimana Inesh menjalani dua hal yang bertolak belakang ini?

Inesh:
Semua tentu perlu kerja keras dan pembagian waktu yang baik. Pertama susah karena jujur pageant dan girlie stuff ini benar-benar bukan bidang saya. Haha. Tapi saya percaya segala hal bisa dipelajari jika kita mau berusaha, mau berjuang, and we put our heart into it. J I believe anything is possible.

Kreativa:
Siapa orang yang paling mendukung kegiatan-kegiatan Inesh?

Inesh:
Tentu keluarga saya. They always have my back in everything that I do. Saya bersyukur punya keluarga yang selalu men-support saya.

Kreativa:
Kritik bahkan bashing sangat lekat dengan dunia pageant, bagaimana Inesh menanggapi hal ini?

Inesh:
Menurut saya kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita. Kita juga tidak bisa memaksa orang untuk berpikir seperti kita. Yang paling penting buat saya adalah saya melakukan segala sesuatu yang positif dan tidak merugikan orang lain, juga terus berusaha untuk terus memberikan yang terbaik di apa yang saya lakukan setiap hari. J

Kreativa:
Sejauh ini pengalaman berharga apa yang dapat Inesh dapatkan selama menjadi Miss Indonesia?

Inesh:
Banyak sekali. Dari belajar hal-hal yang saya tidak pernah mengerti sebelumnya seperti make up, hairdo, modeling, catwalk, public speaking, table manners, dan lain-lain. Yang paling berharga adalah pengalaman saya saat ke Miss World yang tidak dapat dimiliki oleh semua orang, makanya saya sangat bersyukur. Juga kesempatan bertemu dengan orang-orang penting dan belajar dari pengalaman mereka. Overall everything is a great experience for me. I am very blessed! :J

Kreativa:
Di Miss World, Inesh cukup dekat dengan banyak kontestan termasuk Miss World 2012 Wenxia Yu, Atong Damach, dll bagaimana tanggapan mereka terhadap Indonesia?

Inesh:
Mereka sangat menyukai Indonesia. Menurut mereka orang-orang Indonesia sangat ramah dan baik sekali. Mereka juga bilang bahwa makanannya enak dan pemandangannya luar biasa. J

Kreativa:
Apa makna budaya dan seni bagi Inesh?

Inesh:
Penting sekali karena budaya dan seni merupakan lambang dari sebuah negara. Kedua hal itu yang membuat kita berbeda dari negara-negara lain. Penting sekali untuk terus di pertahankan dan dikembangkan. J

Kreativa:
Apakah selama di Miss Wold, Inesh juga mengemban misi memperkenalkan budaya? Bagaimana melakukannya?

Inesh:
Saya melakukan berbagai cara. Saya membawa buku yang berisi gambar-gambar Indonesia dan budayanya. Saya juga membawa souvenir dari Bali berupa anting-anting bunga khas Bali yang kemudian menjadi cindera mata paling popoluer di Miss World. Kontestan-kontestan banyak yang mencari saya untuk meminta anting tersebut. They love it! J

Kreativa:
Ngomong-ngomong, prestasi yang sudah diraih Inesh apa saja? baik di golf maupun prestasi yang lain?

Inesh:
Nanti saya kirim lewat CV yah. J

Kreativa:
Adakah perbedaan cara pandang Inesh terhadap Indonesia, sebelum dan setelah menjabat sebagai Miss Indonesia?

Inesh:
Saya jauh lebih mengenal negara saya. Saya mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungin sebelumnya seperti Manado (Bunaken), Aceh, Makassar, dan kota-kota lainnya. Pengalaman tersebut membuka mata saya bahwa Indonesia sangatlah kaya akan budaya dan seninya. Makanannya pun bermacam-macam. Sangat menarik dan beragam sekali Indonesia. I’am so proud.

Kreativa:
Miss World 2013, Indonesia menjadi tuan rumah. Apa harapan Inesh, khususnya dari segi pariwisata, seni, dan budaya?

Inesh:
Saya berharap ini bisa menjadi ajang dimana kita bisa menunjukan kepada dunia tentang Indonesia dan semua kekayaannya. Miss World bisa sangat membantu memperkanalkan budaya kita kepada manca negara. Saya berharap seluruh jajaran dapat mensupport dan melihat hal positif dari ajang ini. J

Kreativa:
Di kalangan pageant lovers, Inesh sangat dikagumi lho, apa harapan dan saran Inesh terhadap generasi muda?

Inesh:
Haha. Terima Kasih. J Saya bersyukur sekali. Saya berharap bisa terus memberikan dampak positif kepada generasi muda terutama kaum wanita. Saya berharap generasi mudah bisa lebih berani keluar dari zona nyaman mereka, mau bekerja keras, dan tidak pernah menyerah. Mumpung kita masih muda, mari kita melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara kita. Lakukanlah hal-hal yang berguna dan positif dan terus berprestasi agar 20 tahun dari sekarang kita bisa melihat ke belakang dan mengatakan bahwa kita sudah melakukan banyak hal saat kita masih muda! J

Kreativa:
Adakah harapan yang belum tercapai? Kalau ada apa?

Inesh:
Ingin bermain golf di Amerika dan menjadi wakil Indonesia di dalam olah raga golf dunia. Saya ingin menjadi top 10 best player in the world! J

Kreativa:
Terima kasih Inesh, semoga sukses selalu dan apa yang diharapkan bisa segera terealisasi. J Salam hangat, dari keluarga LPPM Kreativa FBS UNY.

Curriculum Vitae
Full Name
: Ines Putri Tjiptadi Chandra
Nickname
: Inesh
DoB
: 05th September 1989
PoB
: Denpasar, Bali
Height
: 167cm
Profession
: Golf athlete and Miss Indonesia 2012

Achievements:
Golf
*     2002- Youngest and the only female to win the Governor’s Bali Cup at the age of 13. (Name was recorded in MURI)
*     2003- 3rd Place at ASEAN School Golf Tournament in Thailand
*     2004- Gold and Silver medalist in PON (National Champiosnhip) representing Bali
*     2004- Went to David Leadbetter Golf  Academy in Florida, USA
*     2006- Received “Coach’s Choice Award” in Bradenton Academy Golf Team, Florida
*     2005- Joined Indonesia’s National Golf Team
*     2007- Received Golf Scholarship to University of Georgia, USA
*     2008- Represented Bali in PON 2008 in Kalimantan
*     2009- 2nd Place at Indonesia Amateur Ladies Open at New Kuta, Bali
*     2009- Represented Indonesia in Santhi Cup in Nirwana Golf, Bali
*     2010- Champion of Warren Golf Amateur Tournament in Singapore
*     2011- Reserved Team for Sea Games in Indonesia
*     Placed in several tournaments nationally and internationally
Miss Indonesia:
Ø  Won Miss Indonesia 2012 (April 29th 2012)
Ø  The first ever Balinese to win any kind of pageant.
Miss World 2012: (Ordos-Mongolia, China)
v Top 13 Miss World 2012
v Top 10 Interview with the Judges
v Quarter Finalist Top Model
v Semi-finalist Beach Wear Beauty
3rd Runner up in Beauty with Purpose

Tidak ada komentar: