Label

Jumat, 31 Mei 2013

PAMERAN SENI KERAJINAN ETNIS NUSANTARA 2013


Beberapa kendaraan berkelit-kelindan sepanjang jalan di depan Gedung Kuliah 4 FBS. Jum’at (31/5) di GK 4 tersebut sekitar pukul 13.24 satu persatu mahasiswa menyemut memasuki ruangan. Berjajarlah puluhan karya dari peserta Lomba dan Pameran Seni Kerajinan Etnik Nusantara 2013 di hadapan para pengunjung.

Pameran yang bertempat di Galery Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS ini dihadiri oleh salah satu peserta dengan judul karya Beatiful Word karya Ramadhani Kurniawan. Karya kreatif ini berukuran 15 x 80 x t (7) cm dengan menggunakan media litit kawat besi dan cat besi. Karya paduan warna putih di atas hitam ini tampil sempurna. Oleh Kurniawan, di dalam lilitan kawat terdapat gambar seseorang yang sedang memancing.

Karya seni kerajinan berikutnya oleh Akhmad Muzaki S.Sn dengan judul Melihat Waktu. Karya ini terbuat dari kayu mahoni, jati, pinus, dan kerja ban memiliki ukuran 90 x 30 x 50 cm. Hasil olahan tangan Muzaki ini mirip dengan bentuk mata manusia. Sebuah mata memiliki fungsi dasar untuk melihat. Sedangkan waktu hanya dimiliki oleh makhluk  yang mempunyai kesempatan untuk melihat.

Masih banyak dijumpai karya seni kerajinan di Galery Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS, di antaranya karya berjudul Pandawa Lima oleh Baharizki Talibratta tahun 2013.

Pameran yang bertema “Seni Kerajinan Etnik Nusantara Membangun Insan Berkarakter dan Bermanfaat” ini di selenggarakan oleh Program Studi Seni Kerajinan Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Pembukaan Pameran sejak tanggal 31 Mei 2013 dan ditutup pada 05 Juni 2013 pukul 15.00. [Didi/KO]

Tidak ada komentar: