Label

Minggu, 24 November 2013

ASTRID ELLENA INGIN LANJUTKAN PROYEK SOSIAL


Sebagai pemenang Beauty With a Purpose (BWAP) di Miss World 2011, membuat Astrid Ellena menyadari betul bagaimana memaksimalkan potensi diri untuk membantu orang lain. Kaki Gajah boleh jadi menjadi perantara baginya, untuk melihat dunia lebih jauh. Namun bukan hal yang mudah untuk mencapai titik itu. Ada pengorbanan dan perjuangan yang harus dia lakukan. Beberapa waktu lalu kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview, inilah hasil interview kami:

Kreativa            : Hallo Ellen, lama tak terdengar kabarnya, sehatkah? Sibuk apa sekarang ini?
Ellen                  : Halo, kabar baik J Sekarang saya sedang sibuk mengurus baby, sedang menikmati menjadi seorang ibu J

Kreativa            : Sekarang sudah memiliki junior, apakah ini memberikan pengaruh yang besar terhadap  kesibukan Ellen khususnya?
Ellen                  : Iya pastinya, karena sekarang waktu saya 24 jam fokus untuk mengurus baby, jadi kegiatan lainya untuk sementara ditunda dulu.

Kreativa            : Ehm…menjadi “pemecah telur” perwakilan Indonesia di ajang Miss World, bagaimana perasaan Ellen?
Ellen                  : Kaget banget ya, karena awalnya justru saya agak pesimis setelah melihat kontestan dari 112 negara lainya. Saya sama sekali tidak menyangka bisa menjadi top 15 pertama kalinya untuk Indonesia. Bangga dan bersyukur sekali.

Kreativa            : Saat itu, mengapa Ellen tertarik untuk masuk ke dunia pageant
Ellen                  : Dari kecil saya adalah orang yang amat sangat pemalu, tidak pernah berani untuk tampil di depan umum. Tapi waktu kuliah saya berpikir, kalau saya akan selalu stuck di tempat yang sama, kalau saya tidak berubah. Dan akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar miss UPH (Universitas Pelita Harapan) dan ternyata saya menang. Dari sana saya ingin menggali potensi saya lebih lagi, bukan hanya di lingkungan kampus saja tapi di Indonesia. Akhirnya saya mendaftarkan diri ke ajang Miss Indonesia.

Kreativa            : Ellen menjadi winner fast track “Beauty With a Purpose” yang mengangkat isu seputar penderita kaki gajah, bagaimana Ellen memaknai kecantikan dengan tujuan?
Ellen                  : Menurut saya, setiap manusia diberikan talenta dan kelebihan oleh Tuhan di bidangnya masing-masing. Dan itu menjadi tugas kita untuk menyalurkan kelebihan yang kita miliki untuk membantu orang lain. Begitu juga dengan pageant, bukan hanya sekedar kontes kecantikan saja tapi di Miss World kita diwajibkan untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dan saya bersyukur melalui proyek kaki gajah,saya bisa membantu banyak orang.

Kreativa            : Segala bentuk kesuksesan tentu membutuhkan usaha, boleh diceritakan bagaimana perjuangan, kerja keras, dan dedikasi Ellen selama ini?
Ellen                  : Sewaktu karantina Miss Indonesia, saya mengalami sakit mata dan saya tidak bisa mengkuti banyak kegiatan. Saya juga menjadi sangat minder dan bahkan ingin mengundurkan diri, tapi dengan support dari keluarga dan teman-teman, saya tetap bertahan dan berdoa, berharap sakit mata saya sembuh sebelum malam final. Dan 2 hari sebelum grand final, mata saya benar-benar sembuh. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah, karena kesempatan belum tentu datang dua kali. Tidak ada masalah yang tidak bisa kita lewati asal kita tetap berusaha dan berdoa. Lalu begitupun saat Miss World, walaupun banyak orang pesimis karena Indonesia belum pernah lolos sebelumnya, saya tetap berusaha keras untuk mewakili Indonesia sebaik mungkin, dan puji Tuhan saya diberi kesempatan untuk lolos menjadi semifinalist.

Kreativa            : Masih sering terlibat project sosial?
Ellen                  : Untuk saat ini belum karena saya masih fokus untuk mengurus baby, tapi kalau anak saya sudah mulai besar saya berharap bisa melanjutkan proyek sosial saya.

Kreativa            : Kontroversi, merupakan hal yang lumrah untuk seorang public figure, (dan hal ini pernah Ellen alami pasca terpilih sebagai Miss Indonesia 2011), bagaimana Ellen menyikapi kontroversi dan bashing?
Ellen                  : Saya berusaha menjadikan kritik sebagai motivasi saya untuk menjadi lebih baik lagi. Saya berusaha untuk prove them wrong, bukan hanya melalui kata-kata tapi prestasi.

Kreativa            : Kira-kira apa rencana Ellen untuk ke depannya?
Ellen                  : Untuk sekarang saya masih mau fokus ke keluarga dulu, tapi kedepanya saya berharap bisa melanjutkan proyek sosial kaki gajah saya, karena masih banyak penderita kaki gajah di luar sana yang sangat membutuhkan bantuan terutama di daerah terpencil.

Kreativa            : Terakhir, tahu nggak sih, banyak yang kangen dengan Ellen? J Apa yang hendak Ellen sampaikan kepada mereka, khususnya generasi muda?
Ellen                  : Masa sih J… pesan saya, you won’t get anywhere if you don’t start, jangan pernah takut untuk mencoba, jadikan kelebihan dan talenta yang kita miliki untuk menjadi berkat bagi orang lain.

Terima kasih Ellen, semoga sukses selalu dan apa yang diharapkan bisa segera terealisasi. J Salam hangat, dari keluarga LPPM Kreativa FBS UNY.

Interviewer: Okta Adetya

CURRICULUM VITAE

Education
Formal:              

 2008 - 2013        International Relations concentrating in international  trade

                                 Pelita Harapan University, Tangerang, Indonesia
                                 GPA: 3,90 / 4,00

2004 - 2008       Quince Orchard High School, Maryland, United States
                                 GPA: 3,92 / 4,00
2002 - 2004       Cita Hati Middle School, Surabaya, Indonesia

Informal:
1997 - 2003       Galaxy Piano School, Surabaya, Indonesia
Achievement
07/2012           8 Most Influential Woman in Indonesia MNC Lifestyle Award
02/2012            Indonesia’s 50 Beautiful Women Highend Magazine Award
11/2011            Top 15 Miss World 2011
11/2011           Top 11 Miss World Talent 2011
11/2011           Miss World Beauty With a Purpose 2011
06/2011            Miss Indonesia 2011
06/2011            Miss Kulit Cantik Indonesia 2011
06/2011            Miss Favorite Indonesia2011
10 / 2009            Best Writing in Putera – Puteri Kampus Indonesia 2009
04 / 2009            Miss UPH Scholar
04 / 2009            Miss Photogenic UPH Scholar
02 / 2008            Maryland Distinguished Scholar, Honorable Mention
2004 – 2008       Student of the Year
2004 – 2008       Honor Rolls
2004 – 2008       Perfect Attendance
2002 – 2004       Best Character and Highest Grade Achievement

Skills and Capabilities

Cultural                Fluent in English,  Basic Spanish and Mandarin
Technical            Proficient with a wide range of operating system and software application including Excel, Word, Power Point                                

Experience

06/2011            Star Media Nusantara, Jakarta, Indonesia
to present          Talent

06/2011            Miss Indonesia Organization, Jakarta, Indonesia
to 04/2012

08 / 2010             HMJ-HI UPH, Karawaci, Indonesia
to 08/2011          Secretary

07 / 2010             PT. Arpeni Line Pratama, Jakarta, Indonesia
to 08 / 2010        Intern at the Agency Department

01 / 2008             Genealogy Doctor’s Office, Maryland, United States                 to 06 / 2008        Administrator and Nurse

01 / 2008             Quince Orchard High School, Maryland, United States
to 06 / 2008        Administrator and Students’ Aide

01 / 2007             Forever 21, Maryland, United States
to 03 / 2007       Sales Associate

Tidak ada komentar: