Label

Selasa, 19 November 2013

GADGET: MENDEKATKAN YANG JAUH, MENJAUHKAN YANG DEKAT


Oleh: Galuh *

ERA teknologi digital telah merambah ke semua aspek kehidupan. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi kegiatan manusia tak lepas dari teknologi digital. Semuanya jadi lebih cepat, praktis dan hemat waktu.


Misalnya dalam hal komunikasi, dahulu untuk berbicara, manusia harus bertemu, berhadap-hadapan, dan saling bertatap muka. Mereka dapat menyadari kesungguhan pembicaraan melalui gerak gerik dan ekspresi  lawan bicara. Komunikasi secara langsung ini tentu saja akan memakan waktu, belum lagi adanya kendala jarak. Kini dengan adanya handphone, jarak sejauh apapun bukan kendala dalam berkomunikasi.

Namun semakin lama ketergantungan manusia pada teknologi semakin tinggi. Era digital tidak hanya mengubah cara berkomunikasi tetapi juga mengubah pola pikir. Generasi sekarang cenderung begitu saja mengikuti arus informasi yang mereka terima sehingga pikiran mereka dibentuk oleh konten. Mereka menjadi narsis, selfish dan egois. Dimana pun mereka berada, ponsel pintar tak pernah lepas dari genggaman. Smartphone seperti Blackberry, Iphone, dan Android kian menjamur di pasaran.

Sosial media semakin ramai. Generasi sekarang lebih suka berdiskusi di dunia maya dari pada bersosialisasi dengan sesamanya. Saat mereka bersamapun mereka sibuk dengan urusan masing-masing. Pikiran mereka melayang ke tempat lain. Mereka tak pernah berhenti mengecek siapa atau apa saja yang menarik perhatian di dunia maya.  Tidak salah jika ada pendapat yang mengatakan ” teknologi mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat”.

Galuh
adalah anggota Magang Kreativa 2014

Tidak ada komentar: