Label

Jumat, 21 November 2014

DESEMBER: PARADE TEATER FBS UNY

Teater Sinawang latihan di halaman FBS, barat pendopo Tedjokusumo | Foto: Teater Sinawang
Desember tinggal sepekan lagi. Bagi mahasiswa FBS, Desember adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Misal, Setyoningsih mahasiswa UNS Surakarta akan datang jauh-jauh dari Solo. “Setahun lalu saya tidak bisa ke Jogja karena berbenturan dengan pentas sendiri. Desember insyaallah saya ke Jogja sambil belanja buku,” ujarnya pada Kreativa Online.

Pentas Teater tahunan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS perlu diapresiasi. Selain tontonan yang menghibur, pentas teater ini menjadi budaya di FBS oleh jurusan PBSI. Dr. Suroso, dosen drama dan pakar jurnalistik, sangat apresiatif, itulah yang dikatakannya setahun lalu, pada pentas drama jurusan PBSI angakatan 2011.

Desember nanti Teater Bahtera yang disutradari oleh Arif Wahyu Widodo tampil pada Minggu 1 Desember 2014. Pentas perdana ini cukup menarik karena menggunakan tempat di halaman Laboratorium Karawitan (Labkar). Selain membutuhkan banyak properti, pentas outdoor ini menguras tenaga. Teater Bahtera mengangkat naskah “Patung Kekasih” karya Simon Hate.

Tanggal 9 Desember Teater Sinawang mendapat giliran kedua. Sinawang mengangkat naskah “Orkes Madun atawa Umang-Umang 2”. Naskah milik Arifin C. Noor ini dipegang oleh sutradara muda Tsalaisye N Fajjriyah, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia angakatan 2012.

Giliran ketiga menyusul Teater Cermin mengangkat naskah “Gadi-gadis Pelagak” karya Mouliere. Cermin akan tampil di Gedung Pertunjukan Tedjokusumo, Senin tanggal 15 Desember 2014. Naskah “Gubernur Nyentrik” karya Agustan T. Syam mendapat giliran keempat pada Kamis tanggal 18 Desember 2014 di Gedung Pertunjukan Tedjokusumo. Naskah ini disutradarai oleh Weda S. Atmanegara, seorang aktor yang pernah main di beberapa pementasan bersama Assarkem. Terakhir, jatuh pada Senin tanggal 22 Desember 2014 oleh Teater Topeng. Teater pamungkas ini menampilkan naskah dramawan kawakan Nano Riantiarno dengan judul “Sampek & Engtay” dan disutradarai oleh Azizi. Pentas ini akan berlangsung di Gedung Pertunjukan Tedjokusumo FBS UNY.  (agi)

Tidak ada komentar: