Label

Kamis, 26 Februari 2015

Hijab Day; Kampanye Hijab Kalangan Mahasiswa


Lebih dari seratus peserta pawai tampak berkumpul di depan Student Center Jumat pagi, 13 Februari 2015. Pawai yang diberi nama Hijab Day tersebut dimulai pada pukul 08.30 mendatangi tujuh fakultas di UNY antara lain FBS, FIK, FIP, FIS, FE, FMIPA, dan FT. Hijab day merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh divisi Kemuslimahan dari UKM kerohanian kampus tingkat Universitas yakni UKKI (Syiar Kerohanian Islam).

UKKI berkoordinasi dengan divisi kemuslimahan SKI dari masing–masing fakultas. Selain itu, kegiatan ini juga bekerja sama dengan takmir Masjid Mujahiddin UNY dan diikuti oleh partisipan dari angkatan 2011 hingga 2014. Peserta berpawai dari satu fakultas menuju fakultas lain dengan­­­ meneriakan yel-yel secara kompak dan bersemangat meskipun di bawah terik matahari.

FBS merupakan fakultas pertama yang dikunjungi oleh rombonganHijab Day ini, dianjutkan ke FIK, FIP, FIS, FE,  FMIPA, dan FT. Rombongan pawai ini mengha­dirkan satu orator untuk berorasi di depan mahasiswa di setiap fakultas yang mereka kunjungi. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 100 partisipan dari delegasi masing–masing SKI ini juga menampilkan bebera­pa hiburan seperti pembacaan puisi dan drama mini. Ada pula agenda pembagian jilbab, bros, dan pamflet yang mereka anggap sebagai amunisi kepada mahasiswi. Hal tersebut mampu menarik perhatian mahasiswi maupun mahasiswa yang tampak antusias saat partisipan putri membagikan amunisi tersebut. Mereka bahkan sempat berfoto-foto setelah menerima jilbab dari pertisipan putri.

Pawai ini mengkampanyekan gera­kan hijab day dengan harapan mahasiswi yang belum memakai hijab bisa tergerak hatinya untuk memakai hijab, tidak hanya saat hijab day saja tetapi dalam kehidupannya sehari-hari. Selain itu diharapkan kalangan remaja termasuk mahasiswa tidak lagi fokus terhadap valentine day tetapi tera­lih menjadi gerakan hijab day.

Hijab day yang terakhir digelar dua tahun ini merupakan pembukaan dari agenda–agenda berikutnya yang memiliki tujuan serupa, yaitu mensyiarkan pemakaian hijab bagi mahasiswi muslimah di UNY. Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh kegiatan–kegiatan lain yang berkaitan dengan kampanye pemakaian hijab bagimuslimah di UNY. Seperti tabligh akbar yang rencananya akan mengundang pembicara nasional, juga pensyiaran melalui kajian kemuslimahan dan media–media syiar terkait. Pawai tersebut berakhir di depan PKM Fakultas Teknik UNY dan ditutup­­­ dengan orasi dari salah satu partisipan. Acara ini berakhir pada pukul 11.00 WIB dengan lancar dan  damai. (Wati)


Tidak ada komentar: