Label

Senin, 11 November 2013

SISTEM SEWA KIOS DI SUNMOR





MINGGU (23/11) suasana riuh tampak di sepanjang lembah UGM. Seperti biasa pasar Minggu atau pasar tiban ini disebut Sunday Morning (Sunmor). Banyak pedagang yang menjajakan dagangannya mulai dari pakaian, pernak pernik, makanan bahkan hewan peliharaan. Tentu saja harga yang ditawarkan di sini bervariasi, tergantung penawaran.

Sunmor memiliki kios atau tempat tenda berjejer sepanjang lembah, dari sekitar Fakultas Kedokteran Hewan, sampai Fakultas Ekonomi UGM. Terkadang pasar tiban ini juga menempati daerah kampung Karangmalang atau sebelah barat Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Tempat yang dipakai bermacam-macam tergantung lahan kosong di sepanjang jalan itu. Ada yang menempati separuh jalan, trotoar bahkan lahan kosong atau kebun di sekitarnya.

Hal yang mengundang perhatian adalah terdapat beberapa penjual yang tidak memperoleh tempat yang layak untuk berjualan, seperti emperan toko bahkan kebun dengan alas tanah berumput.

Handoyo, salah seorang penjual pakaian, ia memperoleh kios untuk berjualan dari pedagang terdahulu (over contract). Ia hanya dimintai uang iuran rutin bulanan. Pembagian tempat di sini dulu atas dasar siapa cepat saja, katanya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Edi, penjual majalah bekas, “Saya berjualan di sini sudah lama, sebelum ada Sunmor, sekitar tahun 2004. Jadi tempat yang saya pakai sudah didata oleh pihak dalam atau warga kampung sini dan saya hanya diwajibkan membayar iuran rutin Rp50.000,00 per tiga bulan untuk uang kebersihan saja, jadi tidak ada sistem sewa kios.”

Akan tetapi, sistem ini berbeda dengan para pedagang yang menjual dagangan yang tidak  memakai lapak, Rony, penjual ikan hias misalnya. Dia menggunakan sepeda motor sebagai tempat berjualan. Dia menuturkan bahwa kios di Sunmor bersifat kontrak, jadi beliau yang menggunakan sepeda motor hanya diwajibkan membayar uang parkir dan kebersihan sebesar Rp5.000 tiap kali berjulan. (Kreativa/Febriyani)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

klo untuk tahun ini apakah sistem nya sudah berubah apa masih sama gan?