Label

Sabtu, 02 November 2013

MONEV DAN PENGARAHAN BIDIK MISI UNY


Bertempat di auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (Jum’at 1/11), pihak kampus melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Pengarahan Bidik Misi UNY.

Acara yang dijadwalkan pukul 09.00 ini baru dimulai pada pukul 09.50. Keterlambatan ini terjadi, karena banyak mahasiswa yang datang tidak tepat waktu. Monev sendiri dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yaitu pada pukul 09.00 diperuntukan bagi mahasiswa Bidik Misi angkatan 2010 dan 2011, sedangkan gelombang kedua yaitu pada pukul 13.00 diperuntukkan bagi mahasiswa Bidik Misi angkatan 2012.

Acara tersusun atas pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan, sambutan rektor, pemaparan dari wakil rektor 1 dan 3, serta penutup. Dalam sambutannya, rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A, memaparkan bahwa mahasiswa hendaknya selalu meningkatkan kemampuan diri, di antaranya self skill, communication skill, serta mampu memanajemen tugas, orang dan perubahan. Beliau juga berharap maksimal bulan Agustus 2014, penerima bidik misi angkatan 2010 sudah diwisuda karena jatah beasiswa akan berhenti pada September 2014.

Wakil Rektor I, Wardan Suyanto, Ed.D., selaku wakil rektor bidang akademik memberikan banyak pesan kepada para mahasiswa. Salah satu pesan yang disampaikan adalah, agar mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan baik. Untuk evaluasi, tak lupa beliau memaparkan IPK tertinggi di tiap fakultas, persentase mahasiswa yang sudah mengambil tugas akhir, lulus test TOEFL, serta persentase jumlah SKS yang diambil bagi mahasiswa angkatan 2011 pada tiap-tiap fakultas.

Berbeda dengan WR I,  Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sumaryanto memaparkan prestasi mahasiswa di bidang non akademik. Adapun bidang tersebut melingkupi kegiatan penalaran, seni, olahraga, dan minat khusus. Sebagai motivasi untuk mahasiswa yang lain, beberapa mahasiswa yang dinilai memiliki prestasi cukup tinggi, diundang maju ke depan. Mereka adalah Widodo dari FT dalam bidang mobil listrik, Riosa Tiantara Putra dari FBS yang berprestasi dalam bidang seni suara, Yuni Astuti dari FE yang membawa Kopma UNY menjuarai Olimpiade Koperasi Nasional (OKN), serta Rekyan Woro Mulaksito Mulyadi dari FIK dengan prestasinya di bidang tenis hingga dikirim pada 16th Asean University Games di Laos. Beliau juga menambahkan, prestasi ini hendaknya semakin meningkat, lantaran beberapa tahun mendatang UNY menjadi tuan rumah beberapa event nasional. (Adet)


Tidak ada komentar: